Sejarah

KATA PENGANTAR

 Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,

           Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala ridho dan karuniaNya, saya telah menulis tentang Lintas Sejarah berdirinya satuan Kompi Kavaleri Panser 3. Kepada seluruh prajurit dan segenap keluarga besar Korps Kavaleri Angkatan Darat dimanapun berada wajib mengetahui dan mengenal keberadaan Kompi Kavaleri Panser 3 yang berada di jajaran Kodam V/Brawijaya.

           Memperkenalkan Kikavser 3 yang kita cintai ini memang perlu dilakukan, karena Kikavser 3 adalah milik rakyat serta milik seluruh prajurit TNI khususnya seluruh prajurit Kavaleri. Dari perkenalan ini diharapkan timbul masukan dan kritik membangun yang menjadikan Kikavser 3 Dam V/Brawijaya semakin tangguh dalam menghadapi tugas dan ancaman dimasa depan. Pembuatan tulisan ini sangatlah tepat dan relevan baik langsung maupun tidak langsung menjadikan bahan informasi tentang sejarah terbentuknya Kompi Kavaleri Panser 3 Dam V/Brawijaya.

           Melalui tulisan ini diharapkan berlangsung transformasi pengetahuan dan pengenalan kepada seluruh keluarga besar Kavaleri TNI AD dapat mengenal dan mengetahui keberadaan Kikavser 3 dijajaran Kodam V/Brawijaya.

           Berkenaan penulisan lintas sejarah Kikavser 3 ini patut kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karuniaNya dan saya selaku Komandan Kompi Kavaleri Panser 3 mewakili seluruh anggota kikavser 3 sangat bangga dan menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah membentuk Kikavser 3 hingga seperti sekarang.

           Semoga tenaga dan pikiran selalu kita curahkan dalam setiap tugas dimanapun kita berada untuk kejayaan satuan, TNI, Bangsa dan Negara yang kita cintai.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Sekian dan terima kasih.

  RUANG LINGKUP

 I.       Pendahuluan.

 II.      Sejarah Berdirinya Satuan  dan pejabat pertama.

 III.     Sejarah Perkembangan dari waktu ke waktu.

          a.      Perkembangan Organisasi.

          b.      Perkembangan Alutsista.

                    1.     Kendaraan Tempur.

                    2.     Persenjataan.

 IV.    Sejarah penugasan satuan.

          a.      Dalam Negeri.

          b.      Luar Negeri.

 V.     Pejabat Dankikavser 3.  

VI.     Data Prestasi Satuan.

VII.    Penutup.

 

LINTAS SEJARAH TERBENTUKNYA SATUAN

KOMPI KAVALERI PANSER 3 KODAM V/BRAWIJAYA

I.   PENDAHULUAN  

1.         Umum.           Saat ini Kompi Kavaleri Panser 3 merupakan satuan yang berada dibawah komando langsung Kodam V/Brawijaya, yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pertempuran darat yang bersifat mobil dan berkendaraan tempur panser guna mendukung tugas pokok Kodam V/Brawijaya yang dititik beratkan pada operasi pengintaian serta pelaksanaan pengamanan obyek vital dan pengamanan VIP/VVIP diseluruh wilayah Kodam V/Brawijaya.

             Berdirinya Kompi Kavaleri Panser 3 Kodam V/Brawijaya mengacu pada proses validasi dari Batalyon Kavaleri 3/Serbu yang terdiri dari 1 (Satu) Kompi Panser, 3 (Tiga) Kompi Tank dan 1 (Satu) Kompi Markas Batalyon menjadi Batalyon Kavaleri 3/Tank. Maka dengan terjadinya perubahan tersebut Kompi Panser 31 berubah menjadi Kompi Kavaleri Panser 3/BS yang berada dibawah komando langsung Kodam V/Brawijaya dengan berkekuatan 19 Ranpur Panser yang terdiri dari Ranpur Panser Saladin, Saracen dan Panhard VBL.

   II.   SEJARAH BERDIRINYA SATUAN 

 SERTA PEJABAT PERTAMA

 2.         Dasar Pembentukan.           

a.      Keputusan Kasad Nomor : Kep / 10 / V / 2000 tanggal 20 Mei 2000 tentang terbentuknya organisasi dan tugas Kompi Kavaleri Panser. 

b.       Surat Keputusan Kasad Nomor : Skep / 374 / X / 2005 tanggal 24 Oktober 2005 tentang penyesuaian organisasi dan tugas Yonkav Serbu dan alih kodal Kompi Kavaleri Panser Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro dan Kodam V/Brawijaya. 

c.           Surat Perintah Panglima Kodam V/Brawijaya Nomor : Sprin / 1473 / XI / 2005 tanggal 15 November 2005 tentang pengesahan perubahan organisasi dan tugas Yonkav Tank serta pengalihan komando dan pengendalian Kompi Kavaleri Panser 3 kepada Kodam V/Brawijaya. 

3.         Latar Belakang. 

a.         Kompi Kavaleri Panser 3  diawali dengan nama Kompi Panser 31 Yonkav 3/Intai Kodam VIII/Brawijaya berada di Jl Ksatrian Terusan Malang-Jatim pada 1 Juli  1952  s.d   25  Desember 1993 yang kemudian merupakan bagian dari satuan induk Batalyon Kavaleri 3/Serbu berdasarkan Keputusan Kasad Nomor: Kep / 21 / VIII / 1980 tanggal 26 Agustus 1980 tentang organisasi dan tugas Batalyon Kavaleri Panser dan Penyerbu ( Yonkav Serbu ). Maka Batalyon Kavaleri 3/Serbu menerima materiil  78 Ranpur Panser dan Tank dengan jenis Ranpur Panser Saladin, Saracen, Ferret dan Ranpur Tank AMX-13/Mortir. Yang mana pada saat itu satuan induk (Yonkav 3/Serbu) masih berada didaerah Bunul Jl. Ksatrian Terusan-Malang-Jatim. 

b.         Seiring dengan perkembangan TNI-AD maka satuan induk Yonkav 3/Serbu pindah pangkalan di Singosari-Malang akan tetapi Kompi Panser 31 masih tetap berada di Bunul Jl. Ksatrian Terusan-Malang-Jatim. Pada 25 Desember 1993 Kompi Panser 31 yang berada di Bunul Malang berpindah pangkalan ke Sidoarjo tepatnya di Jl. Raya Sumput desa Sarirogo-Sidoarjo-Jatim sampai dengan sekarang. 

c.         Pada tanggal 9 Mei 1990 Yonkav 3/Serbu mendapat tambahan Ranpur jenis AMX-13 Kanon 75 mm sebanyak 10 unit dan pada tanggal 16 Juli 1997 Yonkav 3/Serbu juga mendapatkan Ranpur Panser Panhard VBL sebanyak 6 unit yang sampai saat ini berada di Kompi Kavaleri Panser 3. 

d.         Pada tanggal 24 Okober 2005 berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor : Skep / 374 / X / 2005 Kompi Kavaleri Panser 3 resmi terbentuk dan pengalihan komando dari Batalyon Kavaleri 3/Serbu kepada Kodam V/Brawijaya. Dan pada tanggal 24 Oktober juga ditetapkan menjadi HUT Kompi Kavaleri Panser 3, dengan pejabat pertama Dankikavser 3 yaitu Kapten Kav Berto SP Capah.

III.  SEJARAH PERKEMBANGAN KIKAVSER 3

DARI WAKTU KE WAKTU 

 4.         Perkembangan Organisasi.

a.         Berdasarkan Keputusan Kasad Nomor : Kep / 10 / V / 2000 tanggal 26 Mei 2000, susunan Kikavser 3 sebagai berikut : 

                        1)   Kapten 2 orang sebagai Danki dan Wadanki.

                        2)   Letnan 3 orang Pama berpangkat Letda dan Lettu.

                        3)   Serma 2 orang.

                        4)   Serka 8 orang.

                        5)   Serda-Sertu 12 orang.

                        6)   Koptu-Kopka 13 orang.

                        7)   Pratu-Praka 19 orang.

                        8)   Kopda 9 orang.

                        9)   Pratu-Praka 28 orang

                        10) Prada 24 orang.

                        Jumlah Personil 120 Orang. 

b.         Berdasarkan Peraturan Kasad Nomor Perkasad / 267 / XII / 2007 tanggal 31 Desember 2007,Susunan personel Kikavser 3 berubah sebagai berikut : 

             1)   Kapten 1 orang sebagai Komandan Kompi.

             2)   Letnan 4 orang Pama berpangkat Letda dan Lettu.

             3)   Peltu 1 orang sebagai Bintara Pelatih.

             4)   Serma 7 orang.

             5)   Serka 13 orang.

             6)   Sersan 6 orang Bintara berpangkat Serda dan Sertu.

             7)   Kopka 19 orang.

             8)   Kopral 23 Tamtama berpangkat Kopda dan Koptu.

             9)   Praka 38 orang.

            10)  Prajurit 13 orang Tamtama berpangkat Prada dan Pratu.

              Jumlah Personil 125 Orang. 

c.       Berdasarkan Peraturan Kasad Nomor Perkasad/267.a/XII/ 2007 tanggal 11 September 2008, Susunan personel Kikavser 3 berubah sebagai berikut :

                         1)   Kapten 1 orang sebagai Komandan Kompi.

                         2)   Letnan 4 orang Pama berpangkat Letda dan Lettu.

                         3)   Serma 3 orang.

                         4)   Serka 18 orang.

                         5)   Sersan 6 orang Bintara berpangkat Serda dan Sertu.

                         6)   Kopka 19 orang.

                         7)   Kopral 23 orang Tamtama berpangkat Kopda dan Koptu.

                         8)   Praka 38 orang

                         9)   Prajurit 13 Tamtama berpangkat Prada dan Pratu.

 Jumlah Personil 125 Orang. 

5.         Perkembangan Alutsista. 

            a.         Kendaraan tempur. 

                        1)    Pada th 1952-1997 Kiser menggunakan Ranpur, yaitu:

                               a)     Saladin.

                               b)     Saracen.

                               c)     Ferret.                        

2)     Pada 16 Juli 1997 mendapat dukungan dari Komando Atas 6 (enam) unit Ranpur Panhard VBL sebagai pengganti Ranpur Ferret yg telah ditarik oleh Komando Atas. Dengan adanya penggantian Ranpur, maka Kompi Panser menggunakan ranpur antara lain :

         a)     Saladin.

         b)     Saracen.

         c)     Panhard VBL.   

3)   Berdasarkan Surat Perintah Pangdam V/Brawijaya No Sprin/524/IV/2009 tgl 29 April 2009 Kompi Kavaleri Panser 3 mendapatkan dukungan dari Komando Atas berupa 2 unit ranpur APC Anoa Pindad. Dengan adanya penambahan 2 ranpur, maka saat ini Kikavser 3 menggunakan Ranpur antara lain : 

a)            Saladin.

b)            Saracen.

c)            Panhard VBL.

d)            Anoa Pindad. 

b.         Persenjataan. 

            1)         Senjata Ranpur.                       

a)  Berdasarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/10/V/2000 tanggal 26 Mei 2000 persenjataan ranpur Kikavser 3 antara lain : 

              (1)          Kanon kaliber 76 mm.

              (2)          Browning .30 kaliber 7,62 mm. 

b)      Berdasarkan Surat perintah Pangdam V/Brawijaya Nomor Sprin/879/VII/2007 tanggal 11 Juli 2007 Kikavser 3 kembali mendapat dukungan 6 pucuk senjata Ranpur jenis AGL CISS kaliber 40 buatan Singapore. Dengan bertambahnya persenjataan Ranpur, maka Kikavser 3 menggunakan persenjataan Ranpur antara lain :

             (1)          Kanon kaliber 76 mm.

             (2)          Browning .30 kaliber 7,62 mm.

             (3)          AGL CISS kaliber 40 mm. 

c)      Berdasarkan Surat perintah Pangdam V/Brawijaya Nomor Sprin /545/V/2009 tanggal 3 Mei 2009 Kikavser 3 mendapat dukungan 2 pucuk senjata Ranpur jenis AGL COPULA kaliber 40 mm buatan P.T Pindad Indonesia. Dengan bertambahnya senjata Ranpur, maka Kikavser 3 menggunakan persenjataan Ranpur antara lain : 

(1)          Kanon kaliber 76 mm.

(2)          Browning .30 kaliber 7,62 mm.

(3)          AGL CISS kaliber 40 mm.

(4)          AGL COPULA kaliber 40 mm. 

2)         Senjata Perorangan. 

a)  Berdasarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/10/V/2000 tanggal 26 Mei 2000 persenjataan perorangan Kikavser 3 antara lain : 

(1)          Pistol Isyarat.

(2)          P.1 kaliber 9 mm.

(3)          FNC kaliber 5,56 mm

(4)          Minimi kaliber 5,56 mm. 

b)      Berdasarkan Surat Perintah Pangdam V/Brawijaya Nomor Sprin /610/V/2009 tanggal 12 Mei 2009 Kikavser 3 mendapat dukungan dari Komando atas berupa 12 pucuk senjata perorangan jenis SPG 1A kaliber 40 mm buatan PT. Pindad Indonesia. Dengan bertambahnya senjata, maka Kikavser 3 menggunakan persenjataan perorangan antara lain : 

(1)          Pistol Isyarat.

(2)          P.1 kaliber 9 mm.

(3)          FNC kaliber 5,56 mm

(4)          Minimi kaliber 5,56 mm.

(5)          SPG 1A kaliber 40 mm.  

IV.    SEJARAH PENUGASAN 

 6.         Penugasan Dalam Negeri.           Pada saat bergabung dengan satuan induk Yonkav 3/Serbu, Kikavser 3 yang masih bernama Kompi Panser 31 ikut serta dalam penugasan operasi antara lain : 

a.          Pada tahun 1997-1998 1 (Satu) Kompi BP yonif 512 melaksanakan tugas operasi Timor Timur dipimpin oleh Kapten Kav Penly Tua Sinaga.

b.      Pada tahun 1999-2005 melaksanakan Opspambanmil di daerah Maluku yang dipimpin oleh :

1)  Penugasan ke-1 kekuatan satu Kompi Panser dipimpin oleh Kapten kav Bambang Sulistyo Heri Triatmojo.

2)  Penugasan ke-2 kekuatan satu Kompi BP Yonif 521 dipimpin oleh Kapten Kav Cecep Saepudin,S.Sos.

3)  Penugasan ke-3 kekuatan satu Kompi Panser dipimpin oleh Kapten Kav I Nyoman Salindra.

4)  Penugasan ke-4 kekuatan satu Kompi Panser dipimpin oleh Kapten Kav Salahuddin Basir, S.Sos.

5)  Penugasan ke-5 kekuatan satu Kompi Panser dipimpin oleh Kapten Kav Deswanto,S.Pd.

c.      Pada tahun 2004-2006 melaksanakan Opspamrahwan didaerah Aceh dipimpin oleh Letkol Kav Anthonius Somalinggi,S.Ip. 

7.         Penugasan Luar Negeri.   Pertama kalinya Kompi Kavaleri Panser 3 ikut serta dalam operasi pasukan perdamaian dunia yang tergabung dalam Kontingen Garuda pada tahun 2006 sampai dengan sekarang yang mana Kompi Kavaleri Panser 3 memperbantukan 2 (Dua) unit Ranpur Panhard VBL, yaitu :   

a.  Penugasan ke-1 BP Kontingen Garuda XXIII-A/UNIFIL tahun 2006-2007 berkekuatan 4 personel.

b.  Penugasan ke-2 BP Kontingen Garuda XXIII-B/UNIFIL tahun 2007-2008 berkekuatan 4 personel.

c.  Penugasan ke-3 BP Kontingen Garuda XXIII-C/UNIFIL tahun 2008-2009 berkekuatan 5 personel. 

d.  Penugasan ke-4 BP Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL tahun 2009-2010 berkekuatan 3 personel.

e.  Penugasan ke-5 BP Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL tahun 2010-2011 berkekuatan 4 personel.

f.   Penugasan ke-6 BP Kontingen Garuda XXIII-F/UNIFIL dan Kontingen Garuda Force Protection Company tahun 2011-2012 berkekuatan 2 personel.  

V.    PEJABAT DANKIKAVSER 3  

8.         Unsur Pimpinan.       Pimpinan Kompi Kavaleri Panser 3 dijabat seorang pama berpangkat Kapten Kav sebagai Dankikavser dengan dibantu seorang pama berpangkat Lettu Kav sebagai Wadankikavser. Adapun pejabat Komandan Kompi Kavaleri Panser 3 yang telah menjabat adalah sebagai berikut : 

    1. Dankikavser 3 ke-1 Kapten Kav Berto SP Capah  Th. 2006-2008.
    2. Dankikavser 3 ke-2 Kapten Kav Rudi Kurniawan   Th. 2008-2009.
    3. Dankikavser 3 ke-3 Kapten Kav Luluk Setyanto    Th. 2009-2011.
    4. Dankikavser 3 ke-4 Kapten Kav Angga Nurdyana Th. 2011-2014.
    5. Dankikavser 3 ke-5 Kapten Kav Slamet Purwanto Th. 2014-2016.
    6. Dankikavser 3 ke-6 Kapten Kav Dani Syahputra Th. 2016-Sekarang.

VI.     DATA PRESTASI SATUAN  

9.         Prestasi Satuan.    Satuan Kikavser 3 merupakan satuan terbilang muda namun personel Kikavser 3 telah mengukir beberapa prestasi baik dalam penugasan Operasi di dalam dan luar negeri maupun di bidang Olah Pikir dan Olah Raga di lingkup Angkatan Darat, antara lain :

DATA PERSONEL KIKAVSER 3 YANG BERPRESTASI 

NO

NAMA

PANGKAT/NRP

CABANG OLAH RAGA

KETERANGAN

1

2

3

4

5

 

 

 

 

 

1

Suryadi Bahtiyar

Koptu /

Karate (KKI)

Juara III  POR Antar Satuan

 

 

3920366530271

Sabuk Hitam (Dan II)

Kodam V/Brw TA. 2009

 

 

 

 

 

2

Eko Surachman

Pratu/

Sepak Bola

Juara II Porad 2009

 

 

31030199761182

 

 

 

 

 

 

 

3

Iwan Kurniawan

Pratu /

Atletik

Juara III Porad 2009

   

31030199761182

   
         

4

Hara Ibnufauzi

Letda Kav/

Karya Tulis Ilmiah

Juara I KTI Kodam V/Brw 2013

   

11120013810291

   
         

 

VII.     PENUTUP  

10.       Penutup.       Demikian lintas sejarah Kompi Kavaleri Panser 3 ini dibuat menurut keadaan dan fakta yang sebenarnya serta dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pembinaan satuan untuk masa yang akan datang.

2 Responses to Sejarah

  1. Markaden mengatakan:

    Trims atas tulisannya, Kap… kalau boleh tanya, berapa total ranpur ideal (sesuai ketentuan TNI) dalam satu kompi dan terdiri atas jenis/tipe apa saja?

    Jaya selalu untuk Kavaleri TNI-AD.

    Salam

    • kikavser3 mengatakan:

      Selamat siang pak, untuk jumlah ranpur ideal untuk 1 kompi panser BS adalah 19 unit dengan 3 tipe yaitu Intai, Kanon, dan Angkut Personel.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>